Karakteristik Benda dalam Kehidupan Sehari-hari

Karakteristik Benda dalam Kehidupan Sehari-hari

·        INTAN DAN GRAFIT
-          Intan dan grafit merupakan bentuk unsur karbon yang memiliki perbedaan struktur dan sifat.
-          Struktur Intan : Setiap atom C membentuk ikatan ovalen, dengan 4 atom C lainnya, sehingga membentuk struktur tetrahedral (bidang 4). Pola susunan atom inilah yang mengakibatkan intan bersifat sangat keras, kuat, dan memiliki titik leleh 3350° C. Intan sering digunakan mata bor.
-          Struktur grafit : Setiap atom C membentuk ikatan ovalen dengan 3 atom C lainnya, sehingga membentuk lapisan heksagonal (struktur datar yang terbentuk dari struktur segienam). Struktur ini yang mengakibatkan grafit bersifat rapuh dan lemah. Struktur yang lemah tersebut mengakibatkan elektron berpindah-pindah, sehingga grafit dapat menghantarkan arus listrik.
-          Perbedaan jenis ikatan tersebut menyebabkan perbedaan sifat bahan. Akibatnya grafit lebih lunak dari intan karena strukturnya yang berlapis-lapis.

             ·        PLASTIK
-         PETE (Polyethlene Terephthalate) atau kode 1
            Merupakan jenis plastik yang jernih dan digunakan sebagai wadah makanan (botol air mineral dan pembungkus makanan). Bersifat kuat, titik lelehnya 80° serta kedap gas dan air. Plastik ini sulit dibersihkan sehingga hanya dipakai sekali. Plastik ini dapat mengeluarkan zat karsinogenik yang menyebabkan kanker jika disalah gunakan.
-         HDPE (High-Density Polyethylene) atau kode 2
            Biasa digunakan untuk membuat botol susu, detergen, sampo, minyak, mainan, dan beberapa tas plastik. Aman digunakan sebagai wadah makanan karena tidak bereaksi dengan makanan/ minuman yang dikemasnya. Bersifat kuat, keras, dan tahan terhadap suhu tinggi. Plastik ini hanya satu kali pemakaian karena dapat mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan.
-         PVC (Polyvibly Chloride) atau kode 3
            Merupakan jenis plastik yang biasa digunakan untuk botol minyak goreng, kantong darah, pipa air, kabel komputer, dan mainan anak-anak. Plastik ini tidak dianjurkan untuk membungkus makanan karena memiliki kandungan PVC atau DEHA yang berbahaya untuk ginjal dan hati. Plastik ini bersifat lembut, fleksibel, dan sulit di daur ulang.
-         LDPE (Low-Density Polyethylene) atau kode 4
            Merupakan plastik yang dianggap memiliki tingkat racun rendah dibanding plastik lain. Plastik ini biasanya digunakan sebagai pembungkus baju, kantong laundry, pembungkus buah-buahan, dan botol pelumas. Plastik ini tidak umum untuk di daur ulang. Jika di daur ulang, plastik ini digunakan sebagai bahan pembuat lantai ubin. 
-         PP (Polypropylene) / kode 5
            Merupakan plastik yang mampu menjaga bahan yang ada di dalamnya dari kelembaban minyak dan senyawa lain. Plastik ini bersifat kuat, ringan, mengkilap, dan tahan terhadap panas, plastik ini juga dapat di daur ulang. Plastik ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan ember, kotak margarin, sedotan, tali, selotip.
-         PS (Polystyrene) / kode 6
            Sering disebut styrofoam. Merupakan plastik yang murah, ringan, dan mudah dibentuk. Banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan (biasanya digunakan sebagai botol minuman ringan kantong telur dan kotak makanan). Plastik ini tidak diperbolehkan sebagai pembungkus makanan karena mengandung senyawa stirena yang dapat memicu sel kanker dan gangguan sistem reproduksi.
-         Bahan plastik lain (BPA, Polycarbonate, dan LEXAN) / kode 7
            Plastik ini biasa digunakan untuk aksesoris kendaraan. Plastik ini sangat tidak dianjurkan untuk membungkus makanan/ botol minuman, karena salah satu senyawa penyusunnya bisfenol A, dapat mengganggu kerja hormon-hormon tubuh.                                         

·        LOGAM  
-          Baja    
            Merupakan logam paduan antara besi (FE) 0,2% - 2,1% dengan karbon (C). Digunakan sebagai komponen utama pada mesin, rangka mobil, kapal, kereta, perkakas, senjata, dan rangka bangunan.  Fungsi karbon dalam baja adalah bahan pengeras dan meningkatkan kekuatan daya tarik baja, sehingga dapat mencegah pergeseran atom-atom dalam baja.
-          Baja ringan / Galfalum
Merupakan baja berkualitas tinggi yang ringan dan tipis. Galfalum merupakan campuran logam yang terdiri atas 55% alumunium (Al), 43% seng(Zn), dan 1,6% silicon(Si). Sering digunakan sebagai atap rumah karena ramah lingkungan, anti karat, serta tahan terhadap perubahan suhu, dan cuaca.
-          Perunggu
Merupakan campuran antara logam tembaga (Cu) dengan timah (Sn). Sebagian besar mengandung 88% tembaga dan 12% timah. Perunggu juga mengandung mangan (Mn), aluminium (Al), fosfor (P), dan silicon (Si). Bersifat diamagnetik, dan tidak mudah berkarat, tahan terhadap korosi akibat air laut, sering digunakan sebagai kincir kapal, bagian kapal, prasasti, alat musik modern, serta medali.
-        Kuningan
Merupakan campuran tembaga (Co) kandungan sekitar 60-90% berat total dengan seng (Zn). Sifatnya menghantarkan panas dan arus listrik, tahan karat, dan mudah dibentuk. Sering digunakan untuk membuat hiasan, alat rumah tangga, dan alat musik (terompet dan senar drum). Tembaganya mampu membunuh bakteri Scaphylococcus Aureus, E. Coli, dan Pseudomonas Aeruginosa dalam beberapa menit saja dengan membentuk senyawa hidrogen peroksida pada membran bakteri.
 
·        TULANG DAN GIGI
-   Tulang tersusun atas sel-sel tulang/ komponen hidup (osteosit). Juga tersusun atas komponen tidak hidup, dibedakan menjadi 2 yaitu zat organik dan anorganik. Zat organik = kolagen, protein polisakarida, glikoaminoglikan. Zat anorganik = ion Ca2+, PO43-, dan HCO3-. Ion tersebut membentuk senyawa hidroksiapetit. Berfungsi sebagai bahan penguat dan pengeas tulang.
-       Gigi tersusun atas protein tertentu yaitu amelogenin dan enamelin. Terdapat magnesium (Mg), natrium (Na), dan fluor (F). Fluor berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan karena asam, dan mempercepat mineralisasi kalsium (Ca) dan fosfor (P) pada permukaan gigi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Jawaban Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11

Peristiwa Perjuangan Setelah Kemerdekaan

Biografi 5 Pelukis Terkenal Indonesia beserta Lukisannya